Android Calibration

This entry was posted in Android, Open Source, Teknologi and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Yang handphone androidnya sudah uzur, pasti suatu saat sistemnya membutuhkan kalibrasi lagi sehingga beberapa fungsi pada androidnya kembali berjalan baik. Katakanlah kalibrasi kompas, batere, jam, dan kalibrasi horizontal screen. Apalagi yah yang bisa dikalibrasi?.. heheheh.. Berikut ini adalah beberapa kalibrasi yang bisa dilakukan pada android. Harap dicatat bahwa kalibrasi adalah mengembalikan keadaan seperti semula. Jadi dengan kalibrasi tidak membuat yang dikalbirasi menjadi lebih hebat dan amazing ciamik luar biasa sensasional haha…

  1. Kalibrasi Kompas
    Kalibrasi kompas dilakukan dengan melakukan dial ke *#*#0*#*#*. Ketika menu sudah muncul, pilih bagian “Sensor”. Pada sensor test tersebut, di lingkaran bawah adalah untuk melakukan kalibrasi kompas. Kalibrasi diperlukan hanya jika tulisan di lingkaran tsb adalah “Need calibration”. Cara melakukan kalibrasi adalah putar handphone terhadap 3 sumbu axis (contoh ibarat orang lagi berdiri, maka 3 axis adalah: 1. membalikkan badan dan terus berputar hingga kembali ke posisi semula, 2. salto belakang hingga kembali ke posisi semula, dan 3. roll ke samping hingga kembali ke posisi semula). Kalau sudah muncul tanda “3” di lingkaran, selamat kompas sudah terkalibrasi.

    Kalibrasi Kompas 3 Axis

    Kalibrasi Kompas 3 Axis

  2. Kalibrasi Batere
    Kalibrasi batere dilakukan untuk kembali membuat notifikasi batere pada android menunjukan kapasitas batere yang sesungguhnya (bukan membuat batere lebih tahan lama tentu saja). Notifikasi kapasitas batere terkadang sudah tidak sinkron dengan kapasitas batere sesungguhnya. Katakanlah batere masih 100% (habis fully charged) tapi terdeteksinya 95% (misalkan). Sehingga perlu dilakukan kalibrasi agar meterannya menunjuk ke kapasitas batere yang sesungguhnya dimiliki batere. Cara kalibrasinya konon dengan menghapus file /data/system/batterystats.bin pada saat batere sedang penuh 100%. Bagaimana menghapus file yang ada di filesystem read-only? Bisa baca clue nya disini.
  3. Kalibrasi Jam
    Kalibrasi jam dengan sinkron ke trusted time-server di internet dan mendapatkan selisih waktu sekecil dan sepresisi mungkin (bahkan tingkat presisi di bawah sepersekian detik). Sudah di post oleh saya disini.
  4. Kalibrasi Horizontal Screen
    Kalibrasi horizontal screen alhamdulillah belum pernah saya lakukan karena horizontal screen saya masih ter-sesuaikan dengan baik dan benar hahah. Untuk melakukan kalibrasi horizontal screen bisa dilakukan dengan horizontal calibration bawaan android dengan masuk ke menu Settings -> Display -> Horizontal calibration. Sebelum mengkalibrasi, pastikan android di letakkan di tempat yang rata seperti meja, lantai, dsb.

 Semoga bermanfaat!




Share

3 Comments

  1. lilis
    Posted July 27, 2012 at 12:51 pm | Permalink

    saya senang dengan blog ini..

  2. Wenda
    Posted October 21, 2012 at 10:24 am | Permalink

    Asslm.. Mohon bantuannya nih guys.. :’-(
    Gimana caranya mengKalibrasi Mito T500..
    please…
    ^_^

  3. Marcel
    Posted July 27, 2013 at 1:26 pm | Permalink

    Gyus mohon bantuanx android sy Samsung note II GT N7100 pada layar S Pen
    Jika di gores dgn pen secara diagonal garisx tdk mengikuti pen namun tegak lurus,
    Apa perlu di Calibrasi layarnya, jika ia bgm caranya gyus..Thanks bantuanya gyus

One Trackback

  1. […] kompas digital android anda bekerja dengan baik. Untuk memastikannya silahkan baca posting saya disini (lih. bagian “1. Kalibrasi Kompas”) untuk mengetahui cara kalibrasi kompas digital […]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>