Mencari Arah Kiblat dengan Google Latitude dan Kompas Digital

This entry was posted in Teknologi, Teknologi Informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Bagi maniak android muslim yang suka ngoprek, tentu tau kalau ada aplikasi sederhana bernama “Qibla Compass” (kalo gak salah) yang bisa menentukan arah kiblat untuk sholat. Kemarin saat saya sedang jalan-jalan di Papua dan udh disorientasi gak tau mana utara,selatan,timur,barat dan mau sholat bingung deh dimana arah kiblat.. Nah berhubung saya gak nginstall tu app Qibla Compass dan saat nyari posisi kiblat lagi dalam keadaan darurat dan gak ada orang yang bisa ditanya, saya kepikiran untuk menggunakan Google Latitude. Bagaimana caranya?

  1. Pertama-tama, sebaiknya pastikan posisi exact anda dengan mengaktifkan GPS handphone androidnya. Setelah posisi exact ketemu di Google Latitude, dapat dipastikan itu adalah lokasi anda sekarang (toleransi pergesaran ada sih.. yah paling maksimal radius 50m). Oh iya, jangan lupa kalau mau pendeteksian lokasi kitanya lebih presisi lagi, lakukan pendeteksian di ruangan terbuka dimana langit terlihat jelas..
  2. Sebaiknya pastikan juga kompas digital android anda bekerja dengan baik. Untuk memastikannya silahkan baca posting saya disini (lih. bagian “1. Kalibrasi Kompas”) untuk mengetahui cara kalibrasi kompas digital handphone android anda.

Oke, jadi ada 2 step yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu: Posisi dan Arah. Jika kedua step tersebut sudah dilakukan. Tinggal berdiri menghadap apa saja dan lihat map android anda. Ooh, saya sedang menghadap berkebalikan arah kiblat ternyata hehe (ke arah timur sedikit2 serong ke tenggara)…

Posisi dan Arah Saya Berdiri

Posisi dan Arah Saya Berdiri

Sampai sini, tinggal search “Masjid Al-Haram, Mecca” dan didapatlah “Masjid Al-Haram” di semenanjung arab. Tinggal posisikan arah berdiri anda sampai kira-kira ujung arah kompas digital tepat ke arah Ka’bah di Masjid Al Haram seperti gambar di bawah ini:

Letak Masjid Al-Haram dan Penentuan Arah Berdiri Saya

Letak Masjid Al-Haram dan Penentuan Arah Berdiri Saya

Alhamdulillah setelah mendapat arah kiblat dan selesai melakukan sholat, kebetulan ada orang lewat dan bisa saya tanya arah kiblat untuk memastikan. Setelah dia menunjukkan arah kiblat, ternyata arah sholat saya memang sudah tepat! Jadi, pesan moral posting ini adalah percayalah pada teknologi! Hehe.. Oh iya, satu pesan moral lagi, bagi yang suka melakukan perjalanan dan menganggap metode saya di atas ini ribet, silahkan download app Qibla Compass aja.. lebih praktis tentu saja.. Heheh..




Share

One Comment

  1. Posted July 29, 2013 at 4:04 pm | Permalink

    sangat bermanfaat walau agak ribet hehehe

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>