Mengubah Default Install Location Android dengan ADB

This entry was posted in Android, Open Source, Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Hampir semua pengguna Android mengalami masalah internal storage yang sudah mendekati limit tetapi external storage ternyata 10% aja belum kepake heheh. Keluarlah pemikiran bagaimana kalau kita setting default lokasi installnya ke external storage saja. Tinggal beli aja SD card yang powerful, storagenya supergede (>16 GigaBytes) dan type Class 10 sehingga external storage dapat dihandalkan untuk penyimpanan dan media tempat proses seluruh aplikasi berjalan sementara internal storage dapat diberikan ruang untuk “bernapas” heheheh..

Untuk melakukan rencana di atas itu, kita menggunakan ADB (Android Debug Bridge) pada Android SDK. Untuk yang belum tau tentang adb bisa baca-baca disini, dan untuk yang masih bingung gimana cara install Android SDK bisa cari wangsit disini. Asumsi Android SDK sudah terinstall di PC anda, tinggal sambungkan handphone Android dengan kabel data ke PC kita (atau bisa juga koneksikan ADB ke perangkat Android via WiFi).

Untuk yang via WiFi, bisa memulai koneksi ke perangkat android dengan mengetikkan command:

adb connect <ipaddress>:<port>

sampai ada tulisan “connected to <ipaddress>:<port>”

Jika sudah terkoneksi, maka langkah selanjutnya adalah mengetikkan command:

adb shell pm setInstallLocation 2

Setelah command itu dieksekusi, jadilah default install location pada Android kita berpindah ke external storage heheh.. Loh kok bisa pindah ke external storage? Ya karena code number untuk media external adalah nomer 2. Ini nih keterangan di ADB untuk masalah ini:

ADB: Change Default Install Location
ADB: Change Default Install Location

Setelah proses pemindahan default lokasi install ini, seluruh aplikasi yang terinstall di internal storage bisa dipindahkan ke external storage melalui fitur “Move to SD Card” pada android Froyo ke atas (>2.2.x) dan untuk aplikasi yang akan diinstall mendatang, sudah pasti akan terinstall ke external storage prikikiww hip hip horey..




Share

One Comment

  1. ihsan
    Posted November 6, 2012 at 10:35 pm | Permalink

    min, bisa beri tutor yg lebih detil ga? alnya ane gagal terus nihh,,,iiikkkkkkkk!

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>