Upgrade Android Samsung Galaxy Ace: dari Froyo ke Gingerbread

Wokeh, bagi anda yang masih cuek ataupun terlalu sayang sama henpun ngandroidnya, tidak usah baca posting ini lebih jauh. Bagi yang masih bimbang gulindang apakah harus baca lebih jauh postingan ini, biar saya “”cuci” (baca: doktrin) dulu otak anda dengan postingan ini haha. Oke, bagi anda yang memang niat searching di google kemudian nyasar di blog ini, saya rasa anda adalah orang yang paling layak untuk membaca posting ini lebih lanjut. (Halah, seperti yang mau kasih tutorial berat berbobot aja hahaha). Oh iya, batasan posting saya ini adalah untuk upgrade Stock ROM bawaan Samsung-nya yaa, bukan untuk upgrade/flashing Custom ROM. Hmmm… FYI ajah.. walaupun OOT: beberapa alasan kenapa saya adalah pengguna Stock ROM ada di post ini.

Gingerbread (versi 2.3.4) telah menjadi official firmware untuk Samsung Galaxy Ace. Tetapi semua yang sudah memiliki hp Samsung Galaxy Ace tentu tau OS handphonenya adalah Android Froyo (versi 2.2.1). Oke, sebelum proses upgrade froyo ke gingerbread berlangsung, sebaiknya paham dulu fundamental oprek android yang saya jelaskan di postingan sebelumnya disini. Ooo saya sudah tau dan pengen upgrade, bagaimana caranya? Hmm.. caranya mudah saja, yaitu: manfaatkan CD instalasi yang sudah susah payah diburn dan dipacking oleh Samsung untuk kita heheh. Disitu ada program bernama Samsung Kies. Inilah yang harus diinstall di komputer anda terlebih dahulu. Sekali lagi, Samsung Kies inilah kunci dari posting saya untuk mengupgrade henpun android anda jadi versi rotijahe a.k.a gingerbread.

Samsung Kies
Samsung Kies

Yap, tinggal install Samsung Kiesnya. Setelah diinstall, pastikan aplikasi Samsung Kies anda ter-update dengan versi terbaru. Untuk melakukan update pada Samsung Kies, tinggal ke menu Help -> Check for updates. Misalnya ini versi terbaru ketika blog ini saya post:

Versi Samsung Kies
Versi Samsung Kies

Bagi pengguna rumahan yang memiliki bandwidth kecil, saya sarankan untuk download aja Samsung Kies terbaru dari website resmi samsung pake benwit kampus/kantor hahah. (Jadi, yang di CD ga usah diinstall -itu versi lama yang buat froyo hihih). Ini link download Samsung Kies dari website resminya: Samsung Kies.
Klik bagian “software” kemudian download Samsung Kies. Ketika post ini dibuat, Samsung Kies terakhir sizenya 82 MB.

Setelah versi terbaru aplikasi Samsung Kies terinstall (mau pake cara update via aplikasi ataupun pake cara download instalan yang terbaru), tinggal colok handphone anda ke komputer menggunakan kabel data. Nanti akan ada wizard yang membantu anda menuju proses upgrade. Salah satunya akan ada wizard yang membantu anda mem-backup data pada handphone, dsb. Selamat mencoba… *Oh iya jangan salah sangka, Samsung Kies bukan berfungsi hanya untuk upgrade firmware handphone ya. Tapi juga bisa buat sarana sinkronisasi Handphone <-> PC, media backup, transfer file, de es be…

Proses Firmware Upgrade 1
Proses Firmware Upgrade 1
Proses Firmware Upgrade 2
Proses Firmware Upgrade 2
Proses Firmware Upgrade Selesai
Proses Firmware Upgrade Selesai

Ada cara lain untuk upgrade ke Gingerbread, yaitu menggunakan software bernama Odin. Odin bisa didapat di website penyedia firmware samsung indie, bernama www.samfirmware.com (konon katanya firmware yang disediakan disini juga official samsung, tapi dikembangkan lagi oleh komunitas). Selain menyediakan Odin, www.samfirmware.com juga menyediakan firmwarenya (yaiyalah) berdasarkan versi handphone tertentu. Cara kedua ini juga relatif aman karena seluruh firmware yang bisa didownload sudah di test terlebih dahulu. Tetapi resikonya adalah ketika flash menggunakan Odin-nya. Ketika proses flashing ini gak boleh gagal ya, dan prosedurnya lebih rumit daripada wizard yang ditawarkan Samsung Kies. Semua terserah anda mau pake cara yang mana hehe.

Samsung Galaxy Ace - Gingerbread
Samsung Galaxy Ace – Gingerbread

Setelah upgrade berhasil dan anda sudah selesai joged2.. jangan lupa untuk rooting Galaxy Ace-nya biar kesenangannya lebih.. sem.. pur.. na.. ;p

52 thoughts on “Upgrade Android Samsung Galaxy Ace: dari Froyo ke Gingerbread

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *