Tips Memiliki Password yang Aman

Password sering dibuat simple agar mudah diingat oleh yang punya. Bahkan ada yang sengaja membuat password yang sangat dekat berhubungan dirinya. Misalnya nama, nama belakang, tanggal lahir, nomor telepon, dan yang masih berhubungan dengan empunya password (alternatif lain bisa saja passwordnya adalah tanggal lahir tetapi tanggal lahir pacar, ayah, suami, dsb). Postingan ini cuma ingin mengingatkan saja kepada anda bahaya password yang sangat standar seperti itu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Syarat password yang baik itu adalah:

  • Bukan merupakan sebuah kata yang terdapat pada kamus
  • Jika sudah tidak terdapat pada kamus, juga tidak merupakan kombinasi huruf yang sesuai dengan struktur keyboard. Misalnya: “qwerty” atau “asdf “ (dua kata tersebut tidak terdapat pada kamus tetapi gampang tertebak)
  • Tidak mengandung data pribadi seseorang, seperti hari ulang tahun, dan sebagainya yang masih mudah untuk ditebak
  • Bukan merupakan kata yang terstruktur/berpola atau berulang-ulang, seperti “abc”, “abc123”, “12345”, “aaaabbbb”, dan sejenisnya
  • Sebaiknya mengandung huruf besar dan kecil. Perlu dibedakan antara “secret” dan “SecRet”
  • Selain besar-kecilnya huruf juga sebaiknya dicampur dengan angka
  • Lebih baik lagi jika mengandung karakter khusus seperti: ~ ! @ # $ % ^ & *

Sesudah memenuhi kriteria password yang baik tersebut di atas (misal passwordnya: 7!@*&Sqr) coba test di situs-situs yang menyediakan perhitungan lemah-kuatnya password kita.. Ga usah bingung nyari situs spt itu. Udah aja ke situs register email yahoo (misalkan). Masukkan password 7!@*&Sqr ke form di bagian password. Nanti muncul kekuatan password 7!@*&Sqr strength atau tidak kan?

Ini contoh password tersebut saya tes di Google Account:

Kekuatan Password: 7!@*&Sqr

Oh iya, 7!@*&Sqr sebenarnya adalah gabungan antara tanggal lahir saya (hayo coba ditebak) dan kode penerbangan kota tempat kelahiran saya. Haha. Jangan ikutan spt ini.. Coba yang lebih kreatif yak! Yang susah tapi gampang diingat. That’s All!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *