Crack WiFi: Aireplay-ng + Problem Wireless Channel + Kernel 3.8.13

Sebelum mengupgrade kernel laptop saya dari 2.6.X ke versi 3.8.13 (btw, cerita upgrade kernelnya disini), dahulu saya pernah mencoba tool aircrack-ng di linux kernel lama (kernel versi 2.6). Walaupun sempat ada trouble kecil tapi semua bisa berjalan dengan sempurna di kernel 2.6 itu (cerita testing aircrack-ng ada disini). Hari ini saya kebetulan mau mencoba menggunakan tools “aircrack-ng suite” ini lagi, tetapi di lingkungan kernel baru 3.8.13. Pada awalnya semua berjalan baik kecuali untuk konfigurasi switch channel.

Terdapat error sebagai berikut:

Set Custom Frequency Gagal
Set Custom Frequency Gagal

Error for wireless request “Set Frequency” (8B04). By the way, airmonitor adalah script buatan sendiri, pengganti tool airmon-ng, yang pada intinya sama yaitu akan melakukan konfigurasi channel dan mode monitor untuk interface wireless. Dari output di atas bisa dilihat, script “airmonitor” padahal sudah sukses membuat mode interface dari “manage” (default) menjadi “monitor” tetapi gagal mengubah frequency menjadi 2.462 GHz (channel 11). Konfigurasi frequency ini diperlukan oleh salah satu set tools aircrack-ng ini, yaitu aireplay-ng, untuk menginjeksi packet pada BSSID dan channel yang ditentukan. Maka dari itu set frequency harus di konfigurasi sebelum menjalankan aireplay-ng.

Dari hasil googling, banyak yang menyarankan melakukan patch kernel jika menemukan error saat menjalankan tool aireplay-ng itu. Daripada melakuan patch, saya lebih prefer downgrade kernel 2.6 kembali, mumpung saya masih menyimpan image nya di partisi /boot. Habis restart laptop, voila, aireplay-ng kembali bisa melakukan injeksi.

Anyway, proses cracking WPA pada dasarnya dibagi menjadi dua cara:

  1. Melakukan monitor airodump-ng “SELAMA-LAMANYA” sambil menunggu ada klien yang terautentikasi (konek ke access point) atau deautentikasi (disconnect dari access point), sehingga bisa didapatkan WPA handshake nya.
  2. Melakukan monitor airodump-ng sambil memaksa user yang sedang terkoneksi untuk melakukan deauthentikasi dengan tools aireplay-ng, sehingga bisa didapatkan WPA handshakenya. Cara ini tentu saja lebih cepat dari cara no. 1 di atas ‘kan.

Jadi untuk sistem yang tidak bisa melakukan aireplay-ng bisa menggunakan cara 1, sedangkan yang ingin cepat, silakan pilih cara no. 2 tetapi selesaikan dulu masalah “set frequency”  yang kerap terjadi di beberapa sistem hehe. Semoga posting ini bisa memberi petunjuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *