Menghapus Aplikasi Bawaan ROM pada Android

Handphone android saya yang hanya memiliki memori internal hitungan megabyte, akhirnya beberapa hari belakangan ini mulai mengalami sesak napas karena kekurangan space hahah.. yang sangat terasa yaitu performance smartphone ini yang sangat lamban dalam merespon. Sepertinya sudah saatnya menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting. Mulailah saya menghapus game-game dan aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Lumayan, kapasitas phone saya meningkat. Hmm.. kalo bersih-bersih jangan nanggung.. kemudian saya mencari cache-data mana lagi yang harus dihapus, dan timbullah pertanyaan bagaimana cara menghapus “SamsungApps” bawaan android Galaxy Ace saya. Alasan menghapus aplikasi ini bukan karena tidak suka, tapi lebih karena memang tidak ada satupun fitur pada app tersebut yang saya gunakan. Jadi sepertinya lebih baik di hapus saja. Tapi bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan ROM seperti “SamsungApps” itu? Hmm.. begini langkah-langkahnya..

Oh sebelumnya harus dipahami bahwa aktifitas ini tanpa menggunakan tools dan aplikasi aneh-aneh, hanya aplikasi standar untuk bisa masuk shell android kita. Syarat pertama sebelum bisa melakukan kegiatan ini adalah android harus sudah di root terlebih dahulu. Nah baru kemudian gunakanlah aplikasi terminal emulator untuk bisa berinteraksi dengan shell android. Saya sendiri menggunakan “ConnectBot“. Jika tidak mau install aplikasi terminal emulator, bisa menggunakan ADB (koneksi dengan kabel data ataupun via wifi).

Pilih salah satu cara di atas itu, hingga kita bisa mengakses shell android. Lalu setelah itu.. simplenya lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. su
    meningkatkan privilege menjadi root
  2. mount -o remount,rw -t yaffs2 /dev/block/mtdblk3 /system
    remount partisi /system menjadi mode rw (read-write)
  3. ls /system/app
    list file yang ada di folder “app”
  4. rm /system/app/<app-name>
    hapus aplikasi tertentu. Untuk SamsungApps, silahkan cari file dengan nama SamsungApps.apk
  5. mount -o remount,ro /dev/mtdblock3 /system
    kembalikan direktori /system ke mode ro (read-only)
Secara garis besar, 5 langkah yang kita lakukan itu sudah jelas ‘kan.. hanya meningkatkan privilege (makanya androidnya harus di-root dulu), lalu melakukan¬†remount partisi /system menjadi bisa read-write sehingga kita bisa menghapus file-file yang ada di direktori /system. Baru kemudian menghapus file tertentu yang ingin kita hapus (PERHATIAN: jangan menghapus file yang tidak anda ketahui/kenali di dalam folder /system/app tersebut!). Terakhir… kembalikan /system ke mode read-only deh. Semoga bermanfaat..

2 thoughts on “Menghapus Aplikasi Bawaan ROM pada Android

  1. Lol, Kira2 kalo saya mau menghapus file komponen dari Chaindfire3d yakni “Cf3d_uninstall.sh” dari direktory ” System/lib/Cf3d_uninstall.sh

    apa yg harus dilakukan lol?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *