Arsitektur Sistem Email

Kemaren saya habis buka-buka folder lama ketemu gambar bagus tentang arsitektur sistem email (bagemana imel bekerja). Terus tadi pagi kebetulan saya juga setup mail client di laptop. Ada yang nanya apa beda POP dan SMTP dan katanya sering ketuker2 fungsinya. Hahah.. semoga dengan gambar ini kita tak cuma hafal tapi juga paham cara kerjanya kurang lebih seperti pada gambar ini

Yah sudahlah tidak pake basa basi lagi.. seperti ini ilustrasinya:

Ilustrasi Sistem Email

Pertama-tama, pahami bahwa ada 2 protokol penting dalam sistem per-email-an gambar di atas.. yaitu SMTP (sebagai pak pos-nya) dan POP (sebagai mailbox-nya). Sedangkan proses nya akan dijelaskan sesuai nomor berlatar pink tersebut:

  1. Bu Alice ([email protected]) mengirim email kepada Pak Bob ([email protected]). Mail User Agent (MUA) Bu Alice memanfaatkan SMTP di server smtp.a.org. MUA itu apa? Contoh MUA tuh mail client anda, yaitu Outlook, Thunderbird, Evomail, dll.
  2. Server smtp.a.org mencari MX (mail exchange) untuk domain b.org letaknya dimana. Nanyanya tentu saja ke nameserver b.org. Lah tau nameserver domain b.org gimana caranya? Proses penemuan nameserver ns.b.org secara recursive, mulai dari query root .org, domain b.org, sampai akhirnya ditemukan layanan nameserver domain ada di host ns.b.org
  3. Nameserver domain b.org (dengan kata lain si ns.b.org) memberikan jawaban alamat IP mx.b.org
  4. SMTP server smtp.a.org mengirim paket email ke mx.b.org dan di simpan oleh mx.b.org di mailbox berdasarkan user. Karena ketika lihat tujuan di "amplop" email di tujukannya ke Pak Bob, maka nanti email ini disimpan di mailbox Pak Bob.
  5. Pak Bob mengakses mailbox-nya dengan menggunakan POP3 (POP versi 3) ke server pop3.b.org, didownload, dan sampailah email nya ke MUA Pak Bob.

Nah sekarang bagaimana konfigurasi SMTP dan POP nya? Hmm.. secara default konfigurasi SMTP dan POP seperti dibawah ini:

Untuk kirim email:

  • SMTP port 25
  • Secure SMTP a.k.a SMTPS port 465 (encrypted)

Untuk ambil email:

  • POP port 110
  • Secure POP a.k.a POPS port 995 (encrypted)

Sebenernya masih ada lagi metode lain pengaksesan email (opsi selain POP), yaitu menggunakan IMAP. Cara kerja IMAP beda lagi dengan POP… IMAP memungkinkan pengguna memilih-milih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server, mencari email, dan menghapus pesan email. Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Arsitektur Sistem Email

  1. mas kenapa pake ilustrasi bu alice dan pak bob? kenapa gak pakai yang lebih indonesia misalnya pak budi dan bu wati?
    terus kenapa bu alis ngirim MUA ke pak bob, harusnya sebagai pasangan bu alis ngirim MUACCHH ke pak bob

  2. wah nice info banget, sangat membantu dalam penyelesaian makalah saya.
    bisa tahu sumber2 lain tntang cara kerja email yang lebih lengkap??
    tolong kirim ke email saya, thx before

  3. iya ya.. mungkin ada tapi keyword di googlenya, saya juga kurang kena nih haha. makanya posting di blog juga karena gak dapet referensi di internet. jadi baca2 sendiri cara kerja DNS, NS di mail server, pop, smtp, sampai akhirnya dapet gambar itu (lupa sumbernya dari mana) terus di posting deh.. lumayan membantu memberi gambaran orang2 sesudah saya yg penasaran sama arsitektur global sistem email-ing jd ga harus baca referensi2 terpisah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *