Memindahkan Kontak Dari Symbian ke Android

Buat agan-agan yang baru-baru ini baru punya hape android baru (halah), khususnya agan yang baru aja migrasi dari handheld ber-sistem operasi symbian (eg. Nokia), cekidot terus artikel ini.

Sebelum membaca lebih lanjut,pastikan pembaca semua sudah memiliki akun google (google account) terlebih dulu. Caranya mudah, salah satunya dengan mendaftar pada layanan email google yang sudah sangat populer yaitu gmail. Jika ternyata pembaca sudah memilikinya, lanjuuut..

Intermezzo

Bagi pembaca yang baru saja memiliki handphone anyar, “tugas” pertama yang mungkin akan dilakukan selain menginstal sederet aplikasi adalah memindahkan kontak. Well,aktivitas ini mungkin terdengar cukup sepele, namun akan cukup merepotkan terutama jika Anda memiliki handphone baru yang benar-benar “berbeda” dari handphone sebelumnya. Different! Ya. Berbeda dalam merek sampai sistem operasi. Problem? Not really. Check this story out.

Nokia 5630

Nokia 5630? Handheld Symbian S60 3rd Edition dari nokia yang satu ini merupakan perangkat telepon genggam andalan penulis sebelumnya (mungkin masih berlaku hingga saat ini). Ya, bentuknya yang begitu compact dengan segudang fitur yang mumpuni, membuat kehadirannya selalu bermakna (caelaaah..). Hingga suatu saat penulis menemukan keterbatasan dari handphone ini.

image

Tiada gading yang tak retak. Yup. Bentuk 5630 memang compact, namun memiliki konsekuensi ukuran layar yang tidak besar. Dan lagi, penulis memiliki “ambisi” memiliki smartphone yang durable, minimal waterproof lah. For me, the one that close to this option is the android phone.

Lenovo A660

Handphone Android Ice Cream Sandwich ini memiliki fitur waterproof, 4″ corning gorilla glass screen, 1GHz dual core procie under the hood…quite enough for me.

image

Namun, masalah pun muncul ketika penulis ingin memindahkan semua daftar kontak yang telah tersimpan pada Nokia 5630. Apa penulis harus memindahkan semua kontak satu per satu secara manual ke Lenovo A660 ini? Kayaknya enggak deeeh.. XD

Google Sync

Google makes your life more and more simple than ever before. Thanks google, thanks to the internet, luv ya.. 😀

Yoohoo..dengan kombinasi antara internet dan Google Sync, pembaca dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi antara perangkat mobile dengan akun Google yang dimiliki. Syarat utama yang wajib dipenuhi tentu saja adalah terdapatnya koneksi internet dan tersedianya fitur “Sync” pada perangkat mobile yang digunakan. Dengan menggunakan Google Sync, daftar kontak yang terdapat pada handphone pembaca dapat segera tersimpan di server Google. Hal ini juga berlaku sebaliknya, vice versa!

Pada handphone Nokia 5630 dan Lenovo A660 yang penulis gunakan, the sync process work very smooth and flawlessly. Tidak ada masalah yang berarti. FYI, pastikan koneksi internet stabil ketika proses sinkronisasi sedang berlangsung.

That’s it. Yup, prosesnya hanya sesederhana itu. Namun tentu saja terdapat beberapa pengaturan teknis yang perlu disesuaikan. Untuk pengaturan yang lebih mendetail, mungkin di artikel selanjutnya yaa.

Adios.

Posted from WordPress for Android

One thought on “Memindahkan Kontak Dari Symbian ke Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *