Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan PHP

This entry was posted in Open Source, Pemrograman, Teknologi, Teknologi Informasi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Owkay..first question, siapa yang belum kenal PHP? Nampaknya, bagi kalangan yang bergelut dengan dunia IT, hampir dapat dipastikan mengenal bahasa server-side scripting ini. Tapi yang belum mengenal dan belum terlalu familiar dengan PHP, bisa akses link berikut :

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan aplikasi nyata atau penggunaan PHP dalam kehidupan sehari-hari..ceileeeh.. :D Aplikasi yang akan kita kembangkan yaitu aplikasi kalkulator sederhana. Penasaran? Mari kita lanjutkan..

Kalkulator yang kita kenal dapat melakukan berbagai operasi matematika, dari yang paling dasar yaitu penjumlahan sampai dengan operasi penghitungan trigonometri, yaitu sin, cos, tan. Nah, untuk sekedar memahami konsep pemakaian PHP, cukup dengan menerapkan operasi matematika yang sederhana. Operasi matematika yang digunakan hanya sebatas penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian , dan juga modulo.

Sebelum memulai, beberapa langkah yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Langkah pertama. Mengenal HTML dan CSS. (Wajib!)
  • Langkah kedua. Mengenal PHP. (Wajib!)
  • Langkah ketiga. Menyiapkan text editor. (Seperti Notepad++ atau text editor lainnya)
  • Langkah keempat. Menyiapkan web server.
  • Langkah kelima. Menyusun algoritma atau logika pemrograman.
  • Langkah keenam. Coding PHP.
  • Langkah ketujuh. Dokumentasi.
  • Langkah kedelapan. Testing.
  • Langkah kesembilan. Done! Publishing!

Langkah pertama. Mengenal HTML dan CSS. Untuk HTML, saya asumsikan bahwa pembaca telah setidaknya mengenal bahasa pemrograman ini. Dan untuk CSS, hanyalah sebagai nilai tambah, dikarenakan fungsi CSS yang kita ketahui adalah hanya sebagai pengatur visual atau tampilan laman web nantinya.

Langkah kedua. Mengenal PHP. Nah, tentu untuk membangun sebuah aplikasi dengan PHP, kita harus mengenal bahasa PHP ini dong. Apabila masih ada yang belum paham, bisa akses link yang telah saya berikan di atas.

Langkah ketiga. Menyiapkan text editor. Contohnya Anda dapat menggunakan Notepad++. Download Notepad++ GRATIS di sini. Anda juga dapat menggunakan notepad bawaan Windows untuk menuliskan kode yang akan kita tulis.

Langkah keempat. Menyiapkan web server adalah penting hukumnya, hehehe.. Dikarenakan PHP adalah bahasa yang bisa dibilang hanya dapat diterjemahkan oleh web server. Oleh karenanya mengapa PHP disebut juga bahasa server-side scripting.

Langkah kelima. Sebelum melakukan koding pada bahasa tertentu, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah menyusun algoritma pemrogramannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses koding nantinya. Hal ini akan terasa ketika kita akan membangun sebuah program aplikasi dengan lingkup yang cukup besar.

Langkah keenam. Coding PHP. Owkay..ini kode PHP yang telah saya buat sebelumnya, yang merepresentasikan logika pemrograman dari setiap kondisi yang mungkin terjadi menggunakan switch-case. Silakan pelajari strukturnya terlebih dahulu :

switch($operator) {

case "+" :
$hasil = $satu + $dua;
if (ctype_digit($hasil)) {
$hasil = $satu + $dua;
}
else {
$hasil = number_format($hasil,'2','.','');
}
break;

case "-" :
$hasil = $satu - $dua;
if (ctype_digit($hasil)) {
$hasil = $satu - $dua;
}
else {
$hasil = number_format($hasil,'2','.','');
}
break;

case "*" :
$hasil = $satu * $dua;
if (ctype_digit($hasil)) {
$hasil = $satu * $dua;
}
else {
$hasil = number_format($hasil,'2','.','');
}
break;

case "/" :
if ($satu == 0 && $dua == 0) {
echo "
Hasil bagi menjadi tak hingga.";
$hasil = '~';
}
else if ($dua == 0) {
echo "Pembagi tidak boleh 0.";
$hasil = 'Syntax Error';
}
else {
$hasil = $satu / $dua;
$hasil = number_format($hasil,2,'.','');
}
break;

case "%" :
if ($satu == 0 && $dua == 0) {
$hasil = 0;
}
else if ($dua == 0) {
echo "Pembagi tidak boleh 0.";
$hasil = 'Syntax Error';
}
else {
$hasil = $satu % $dua;
}
break;
}

echo "<center>".$satu ." ". $operator ." ". $dua." ". "="." ". $hasil."</center>";

Bersambung

Forum berkaitan dengan postingan Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan PHP di atas ada di sini.




Share

3 Comments

  1. Posted November 2, 2011 at 3:18 am | Permalink

    terimakasih atas tutorialnya,ok : }D

  2. Posted February 1, 2012 at 3:15 am | Permalink

    mantap, thanks informasinya gan…

  3. liely
    Posted March 28, 2012 at 9:08 am | Permalink

    kog gg keluar mas, yg keluar malah cuma = doank :(

2 Trackbacks

  1. […] kombinasi antara switch-case dan if-else. Algoritma tersebut dapat Anda dilihat pada postingan saya sebelumnya. Pada prinsipnya, algoritma ini akan menjalankan kondisi yang sesuai dengan parameter masukan. Dan […]

  2. […] kombinasi antara switch-case dan if-else. Algoritma tersebut dapat Anda dilihat pada postingan saya sebelumnya. Pada prinsipnya, algoritma ini akan menjalankan kondisi yang sesuai dengan parameter masukan. Dan […]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>