4 Tips Mencegah Miskomunikasi lewat Ponsel

Pernah tidak kamu mengalami hari yang kurang menyenangkan karena masalah komunikasi yang tiba-tiba terjadi. Persoalan utamanya adalah apa yang hendak kamu sampaikan ditafsirkan berbeda oleh sang penerima pesan. Alhasil, pesan yang diterima bisa jadi membuat miskomunikasi yang sangat dapat merusak pertemanan maupun hubungan formalmu dengan sang penerima pesan.

Masalah miskomunikasi rentan terjadi khususnya kepada orang-orang yang tidak berbicara langsung alias memanfaatkan media lain untuk melakukan interaksi. Di zaman teknologi yang sudah maju seperti saat ini, tidak mengheran komunikasi tanpa tatap muka terjadi. Kehadiran ponsel pintar semakin mendukung pola komunikasi melalui gadget karena kamu bisa berbicara melalui layanan pesan instan ataupun aplikasi-aplikasi, selain telepon reguler tentunya.

Tentunya dengan kemudahan berkomunikasi yang hadir melalui genggaman tanganmu, kamu pun tak ingin model komunikasi ini mengalami kesalahpahaman, bukan? Untuk itu, ada beberapa tips yang patut kamu anut jika memang senang berkomunikasi lewat ponsel. Apa saja itu? Berikut ini beberapa paparannya.

  1.    Rajin-rajin Mengecek Pulsa

Kesalahan utama dalam berkomunikasi adalah putusnya hubungan pesan atau pembicaraan. Buat kamu yang kerap berkomunikasi melalui ponsel, hal ini sangat mungkin terjadi, disebabkan karena pulsamu yang habis mendadak di tengah telepon maupun ketika sedang berkirim pesan. Padahal di lain sisi, pembicaraan yang sedang kamu dan lawan bicara usung termasuk materi yang penting.

Nah, mulai sekarang lebih baik biasakan diri untuk rajin mengecek pulsa. Caranya pun tidak sulit. Sebagai contoh, apabila kamu pengguna Indosat Mentari, kamu bisa mengecek pulsa Mentari melalui panggilan ke *363#. Bisa juga kamu memanfaatkan kode UMB *123*4#, kemudian tinggal mengikuti instruksi selanjutnya. Kode UMB yang sama bisa berlaku untuk mengecek paket internetmu yang tersisa. Masih bingung juga? Cara lainnya adalah mengecek pulsa Mentari di Traveloka. Ya, kamu juga datangi situs Traveloka yang dikenal sebagai agen perjalanan online ini dan memilih produk baru berupa pulsa untuk bisa melakukan pembelian ataupun mencari tips mengecek bahkan mentransfer pulsa.

  1.    Aktif Menghubungi Ulang

Jangan selalu berharap untuk dihubungi. Kalau memang ada sesuatu yang penting apalagi urgen, kamu harus cepat mengambil tidankan untuk menghubungi duluan. Terkait agar tidak terjadi miskomunikasi, kamu pun tidak boleh ragu menghubungi ulang kerabatmu apabila masih bingung terhadap suatu pesan yang ia sampaikan.

Menghubungi ulang tidak akan menghabiskan pulsamu terlalu banyak. Apalagi jika kamu termasuk pengguna pulsa Mentari, kamu akan mendapatkan biaya yang relatif lebih murah jika menelepon ataupun berkirim pesan ke sesama pengguna operator Indosat. Dengan menghubungi ulang, kamu pun bisa memastikan dan mengklarifikasi berbagai masalah yang mengusik benakmu. Dengan demikian, miskomunikasi pun dapat dihindarkan.

  1.    Jangan Hanya Mengandalkan Pesan

Sebaik-baiknya tulisan, lebih baik jika berbicara langsung. Ini karena kerap kali teks yang kamu kirim ditanggapi berbeda oleh sang penerima hingga akhirnya menimbulkan masalah komunikasi yang bisa jadi serius. Ya, miskomunikasi memang lebih mudah terjadi dalam teks-teks tertulis lewat pesan singkat maupun pesan instan. Hal ini karena ada saja beberapa konteks yang tidak dapat terpahami jika tidak berbicara langsung, mulai dari nada bicara hingga intonasi. Apalagi jika kamu salah mengirim pesan menggunakan huruf kapital. Bisa-bisa disangka sedang marah!

Dengan berbagai alasan tersebut, mulai sekarang jangan hanya mengandalkan pesan untuk berkomunikasi. Manfaatkan fasilitas telepon untuk mendapatkan komunikasin yang lebih menyeluruh dan jelas. Lagipula, kini tersedia berbagai aplikasi yang menyediakan layanan telepon lewat jaringan internet yang lebih hemat, bukan? Kamu hanya perlu memastikan pulsa Mentarimu cukup untuk membeli kuota internet yang dibutuhkan. Melalui telepon bahkan video, miskomunikasi lebih jarang terjadi karena kamu dan sang penerima pesan dapat sama-sama mengerti intonasi dan mimik yang tergambarkan. Kalaupun ada sesuatu yang tidak dimengerti, kalian bisa langsung bertanya satu sama lain.

  1.    Tak Sibuk? Pastikan Nada Dering Maupun Getar Ponsel Menyala

Kesalahan komunikasi yang tidak kalah seringnya terjadi melalui ponsel saat panggilan maupun pesan tidak kunjung diangkat atau dibalas. Penyebabnya bisa beraneka rupa. Salah satunya karena kesibukanmu yang padat sehingga acap kali lupa mengecek ponsel untuk melihat ada tidaknya panggilan ataupun pesan yang masuk. Di tengah kesibukan itu, kamu pun biasanya akan lebih memilih menonaktifkan nada dering maupun getar ponsel guna bisa berkonsentrasi terhadap pekerjaan yang mesti diselesaikan.

Namun, akan menjadi masalah jika kamu lupa mengaktifkan kembali nada dering maupun getar ponselmu selepas kesibukanmu sehari-hari. Pada saat itu, bisa saja ada yang mengirim pesan ataupun melakukan panggilan telepon yang penting bagimu. Namun karena tidak mendengar notifikasinya, kamu menjadi tidak mengecek ponsel. Pengabaikan pesan dan telepon seperti ini dapat menimbulkan dugaan-dugaan dari si pengirim pesan hingga miskomunikasi terjadi.

Namanya miskomunikasi jelas tidak menguntungkan. Karena itulah, bijaklah memanfaatkan ponsel untuk berkomunikasi agar perbincangan yang terjadi selalu ada di koridor yang tepat dan selalu menyambung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *