Menjalankan Command Windows Secara Remote

Jika anda me-manage banyak Windows host, dan ingin mengeksekusi sebuah task, katakanlah menjalankan program notepad.exe disemua host Windows anda. Apa yang anda lakukan? Apakah cara yang terpikirkan oleh anda adalah remote host nya satu-satu dan jalankan notepad.exe? Hehe.. Sebenarnya ada utility yang dapat membantu task tersebut. Ada 2 utility yang umum digunakan oleh sysadmin yaitu wmic dan psexec. Ini sebenarnya tools yang ada sudah lama sekali, namun baru saya post sekarang selain karena untuk arsip blog (kebetulan posting tentang remote command Windows belum ada), juga karena belakangan saat tulisan ini dibuat sedang ramai Ransomware Petya yang memanfaatkan metode ini untuk propagasi/mengcopy dan mengeksekusi dirinya dalam suatu jaringan komputer.

1.PSEXEC

Psexec adalah additional tool untuk Windows, jadi by default tidak tersedia. Jadi perlu di download dulu tools nya. Cara penggunaannya cukup simple. Agar lebih mudah memahami nya, contoh sintaks nya dibuat per kasus sbb:

Membuka aplikasi notepad.exe di remote host dengan nama host “laptopku”:

c:\> psexec.exe \\laptopku -u Budi -p R4h4$ia! notepad.exe

Mengeksekusi command “ipconfig /all” pada host 192.168.1.3 dan menampilkannya di komputer lokal:

c:\> psexec.exe \\192.168.1.3 -u Budi -p R4h4$ia! ipconfig /all

Mengcopy sebuah file “coba.bat” ke remote host “laptopaing” kemudian mengeksekusinya — namun password akan di prompt kemudian:

c:\> psexec.exe \\laptopaing -u Budi -c coba.bat

2.WMIC

WMIC merupakan singkatan dari Windows Management Instrumentation Command-line, dan merupakan built-in command pada sistem operasi Windows. Namun dengan beberapa keterbatasan dalam hal melakukan remote command call, tidak sebaik psexec, sebagai contoh, output dari command tidak dapat langsung ditampilkan. Cara penggunaan WMIC sbb:

Membuka aplikasi notepad.exe di remote host dengan nama host “laptopaing”:

c:\> wmic.exe /node:laptopaing /user:Budi /password:R4h4$ia! process call create notepad.exe

Mengeksekusi command “ipconfig /all” pada host 192.168.1.3 dan menampilkannya di komputer lokal. Namun caranya sedikit tricky, karena fitur WMIC tidak selengkap PSEXEC untuk kasus ini hehe:

c:\> wmic.exe /node:192.168.1.3 /user:Budi /password:R4h4$ia! process call create cmd /c ipconfig >> \\[ipaddr_kita]\[share_folder_writeable]\result.txt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *