Android Time Sync

Hargai waktu walau hanya satu detik. Jangan sampai clock time gadget kita tertinggal walau hanya satu detik saja dengan waktu yang sebenarnya. Satu detik itu terbukti sangat berharga. Jeda satu detik itu lebih dari cukup untuk Rambo yang terpeleset dari tebing untuk refleks memegang pijakan di tebing -halah. Jeda 2 detik juga lebih dari cukup untuk saya ngambil pulpen di atas meja. Jeda 5 detik sudah bisa membuat gol di lapangan sepak bola. Wahh pokoknya hargai waktu walau hanya satu detik heheh. Waktu saya kecil, salah satu cara sinkron waktu adalah menunggu berita malam TVRI dengan jingle andalannya setiap malam itu. Ya, disitu kita bisa liat waktu presisi sampai detiknya untuk dicocokkan ke jam di rumah heheheh.

Menurut ilmu fisikanya, 1 detik adalah durasi selama 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin (-Wikipedia).

Animasi 1 Kedip per Detik
Animasi 1 Kedip per Detik

Salah satu cara untuk melakukan update time pada gadget adalah menggunakan protokol ntp dengan command ‘ntpd’ yang telah embedded pada special command busybox android. Busybox terdapat pada paket rootkit yang ada di posting saya untuk rooting android. Pada semua tipe gadget android yang telah di-root biasanya dicopy-kan juga binary busybox ke systemnya, makanya harus root dulu agar di systemnya ada “busybox” hehe. Untuk sinkronisasi waktu apakah butuh akses/privilege root juga? Ya, privilege root dibutuhkan untuk setting waktunya. Karena user biasa tidak diperkenankan mengubah system time. Kecuali jika hanya untuk mengecek sinkronisasi perbedaan waktu dan kemudian settingnya dilakukan secara manual melalui menu set date and time biasa.

Langkah yang dilakukan sangat sederhana. Dengan menggunakan shell android nya, lakukan perintah seperti yang terlihat di gambar untuk mengetahui properti command ‘ntpd’:

ntpd Busybox
ntpd Busybox

Kemudian sinkronkan waktu dengan server ntp internet. Sebagai contoh, saya mencoba sinkron ke id.pool.ntp.org:

Sinkronisasi ke NTP id.pool.ntp.org
Sinkronisasi ke NTP id.pool.ntp.org

Masih ada cara lain, salah satunya dengan menginstall aplikasi synkronisasi waktu dari market (sekarang Google Play). Tetapi saya rasa tidak efisien jika menginstall banyak aplikasi pada gadget padahal command built-in nya juga sudah tersedia kok. Bagi yang mengutamakan kepraktisan dan (apalagi) space gadgetnya juga toh masih banyak yang kosong yaaa… gak papa kalik ya kalo mo install heheh.

One thought on “Android Time Sync

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *