Home » Pemrograman » Proprietary Source » Security » Apa Itu Keylogger?

Apa Itu Keylogger?

Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer. Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya. Yaaah…. bahasa inggris gitu deh. Hehehe..

Banyak metode untuk merekam aktifitas pengguna komputer… Ada yang berdasarkan key stroke (rekaman langsung semua kata yang dipencet di keyboard), ada yang memantau clipboard Windows (yang pake Windows nih..), ada juga keylogger yang secara terang-terangan memiliki interface yang cantik, padahal ternyata menipu. Dan mungkin masih banyak lagi cara-cara “logging” aktifitas pengguna dengan memanfaatkan keylogger. Langsung ke praktek yuyayu..?!

Sebelumnya, ada alasan mengapa saya menulis tentang keylogger ini. Saya mengutip pembicaraan seorang ahli keamanan komputer yang menjelaskan kurang lebih begini:

“Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam password yang di ketik oleh pengguna”.

Pernyataan ini sedikit menggelitik bagi saya. Ya, padahal itu adalah salah satu penerapan dari keylogger! Tapi bukan itu saja yang bisa dilakukan keylogger! Paham?

Tapi karena yang ngomongnya adalah seorang ahli sekuriti, mungkin saya bisa menerima statement beliau diatas itu. Tapi alangkah baiknya kalo menjelaskan kepada orang yang awam komputer itu se-jelas-jelasnya. Jangan sepotong-sepotong. Tapi mungkin jika kita takut mereka orang-orang awam ini malah jadi bingung, bisa gunakan analogi atau ilustrasi ringan, dan gak usah bahas masalah teknisnya… Karena pembodohan masyarakat bisa berasal dari hal-hal kecil seperti ini. Hehehe…

Pertama, mari kita bahas keylogger yang membaca clipboard Windows… Sebagai contoh, kita coba meng-copy kata ini: “s3cr3t_pa5sw0rd”. Copynya dari aplikasi mana saja… Notepad juga boleh lah… Terus setelah kita mengcopy kata tersebut. Silakan ke Start->Run. Dalam input-an isi dengan “clipbrd” dan tekan [ENTER]. Sehingga anda melihat window sebagai berikut:

Tampilan Clipbrd Windows
Tampilan Clipbrd Windows

Binggo, ternyata semua aktifitas copy (sebelum di paste) di taronya di clipbrd toh..?? Hmm… Sudah banyak keylogger yang memonitor clipbrd Windows anda loh. Hati-hati klo PC anda sudah terinfeksi keylogger semacam ini, jangan sekali-kali meng-copy password (ATAU JUGA kata-kata penting lainnya). Karena semua yang anda copy, pasti masuk ke clipbrd…!!

Sekarang contoh selanjutnya: keylogger yang tidak anda sangka-sangka adalah sebuah keylogger… Hehehe… Inilah dia, aplikasi kecil buatan saya waktu masih pintar ngoding (hahaha). Aplikasi lucu ini secara sepintas seperti aplikasi ramalan cinta biasa. Tapi dibalik itu semua, saya sudah menanamkan keylogger di inputannya. Aplikasinya bisa dilihat seperti ini:

Tampilan LoveMetre
Tampilan LoveMetre

Simple ‘kan? Dan anda mestinya langsung ngerti… (Tombol “PORTEND” maksudnya “RAMAL”)

Sebagai contoh, saya masukan nama JOKO sebagai sang korban. Si JOKO pertama-tama saya yakinkan bahwa nama cewe yang dia taksir ga akan ketahuan. Soalnya lihat aja tuh, input yang dimasukkannya disembunyikan pake karakter (*). Ya ‘kan?

Joko percaya-percaya aja sama saya. Dia kemudian memasukkan nama cewe yang dia taksir ke dalam inputan tsb. Dan… ramalannya mengatakan kecocokan antara JOKO dan si do’I adalah 70,5% euy!! Terlihat wajah Joko yang berseri-seri… Oke sampai sini biarin aja dulu dia senang bahagia hehey… Dan ketika si Joko udah pulang, saya buka deh file hasil rekam aplikasi ini bernama “JOKO.txt”… Inilah dia hasilnya tadaaa…

Hasil KeyLogging Ramalan Cinta
Hasil KeyLogging Ramalan Cinta

Nah sekarang anda sudah tau kan apa itu keylogger dalam arti yang sebenarnya?

KEYLOGGER GA HARUS MEREKAM PASSWORD! Ya, rekam apa saja… Tapi ya emang udah barang tentu yang paling enak di rekam adalah yang berharga-berharga seperti password, no kartu kredit, dsb. Untuk itu keylogger lebih sering memantau yang kayak gitu-gitu ketimbang yang kayak gini-gini. Hehehe…

Jangan salah kaprah tentang keylogger. Sedikit aja salah menjelaskan, kasihan ke orang awam… Hehehe

Tampilan Ketika Keluar dari Aplikasi LoveMetre
Tampilan Ketika Keluar dari Aplikasi LoveMetre

21 thoughts on “Apa Itu Keylogger?

  1. @akbar kira: halo, tertarik dengan keylogger buatan saya itu? :)
    program keylogger punya sistematika kerja sendiri jadi bisa berbeda antara keylogger satu dan lainnya
    tapi kalo keylogger yang saya buat itu:

    >>kalo mau ngeliat hasil yg di ketik korban di mana??
    hasil yang diketik korban ada di path yang sama dengan aplikasi keyloggernya (file ramal.exe nya)

    >>file exe nya ada dmn?
    terserah dimana aja boleh :)

    >>trus kalo komputear yg di pasang keylogger nya di shutdown,,
    keylogger nya mati ga?
    kalau komputer kita di shutdown, seluruh proses pasti akan di-kill oleh komputer kita
    jadi keylogger buatan saya itu mati juga lah..

    tapi untuk pertanyaan terakhir ini, sistem operasi biasanya punya list untuk menjalankan SECARA OTOMATIS aplikasi-aplikasi tertentu (start-up). nah, biasanya keylogger numpang dalam start-up juga… jadi ketika komputer nyala dan mengeksekusi program2 yang ada dalam start-up, keylogger aktif juga deh… :)

  2. wah.. program keyloggernya dulu di hosting di geocities, tapi beberapa tahun lalu geocities kan ditutup… nanti saya coba cari lagi deh backupnya di komputer2 lama.. hehe.. mau ngerjain temannya ya mas? =P

  3. gan cara cegah biar warnet gk dipasang keylogger gmna??
    kira2 ada gk softwer bgus yg bisa melacak keylogger……

  4. saya coment kesini apakah pass saya jyga kebaca oleh anda mas? hhe
    sy ada pertanyaan mas, apakah misal saya pake keylogger buatan mas admin ini, mas admin juga bisa tahu nanti password dan data pribadi saya yang lain? apa cuman yg punya pc saja (sbg contoh saya) yang dapat mengetahui pass orang lain setelah install software itu?
    tlg di respon mas, orang awam nih hehe..
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>