Hacking? Hacking? Hacking? Newbie juga bisa!

Kata-kata hacking mungkin saat ini sering terdengar di telinga Anda. Apabila Anda merasa belum mengetahuinya, bisa akses link berikut. Nah, postingan kali ini bukan membicarakan tentang hacker, namun kita akan membicarakan fenomena kejahatan dunia maya (cyber crime), yang sering mengatasnamakan hacker.

Jaman dahulu kala..mungkin tidak banyak orang yang mengerti tentang membobol jaringan atau bahkan sampai pada aksi pencurian bank account. Singkatnya, hanya orang yang ahli dalam bidang komputer atau seseorang yang memang benar-benar menggeluti dunia IT secara luar-dalam yang dapat melakukan cyber crime. Ini nyata. Jadi ketika dulu terjadi kejahatan dalam dunia maya, pihak berkait mudah untuk menemukan sang pelaku, karena memang hanya segelintir orang yang memiliki kapabilitas untuk melakukan tindakan tersebut.

Namun, kini peribahasa “Lain ladang, lain belalang..Lain dulu, lain sekarang” pun memang terjadi adanya. Kini, pemula alias newbie dapat melakukan cyber crime dengan relatif mudah. Perangkat lunak untuk melakukan cyber crime telah marak diperdagangkan. Cukup dengan budget beberapa ratus dolar, maka perangkat lunak untuk melakukan kejahatan di dunia maya pun telah siap dipergunakan. Seperti halnya yang dikutip oleh detikinet seperti berikut :

Sejumlah nama perangkat seperti WebAttacker, CrimePack, IcePack dan puluhan ‘perangkat kejahatan mandiri’ kini dijual bebas secara online dengan harga kurang dari US$1.000. Beberapa perangkat hacking yang sering disebut ‘exploit kits’ atau ‘attack toolkits’ bahkan ada yang dibanderol seharga kurang dari US$100.

Ada juga beberapa Security / Hacking Tools yang gratisan atau free yang dapat digunakan oleh kaum newbie, semi-newbie, dan juga advance. Cekidot :



Monggo silakan dimanfaatkan sebaik mungkin tool-tool di atas. Semoga bermanfaat. Dan pesan saya, pergunakan perangkat lunak tersebut sebagai media pembelajaran untuk lebih memahami keamanan jaringan, bukan digunakan untuk kepentingan sepihak yang dapat merugikan kepentingan orang lain.  Salam Tekno!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *