Aplikasi Anti Maling (Anti-Theft) Android

Sewaktu saya install antivirus di handphone saya (sudah dirasa perlu semenjak saya install app bukan dari market saja, tetapi dari sumber lain yang tidak dipercaya -haha) saya menggunakan antivirus BitDefender Mobile Security. Ternyata di dalam aplikasi ini terdapat fitur anti-theft a.k.a anti maling. Dengan fitur-fitur yang canggih seperti deteksi lokasi, mengirim alarm ke handphone, melakukan lock screen hp dari jauh, dan wipe data dari jauh. Tapi ternyata setelah 15 hari trial menggunakan BitDefender Mobile Security tinggal satu fitur saja yang ‘diperbolehkan’ aktif untuk versi BitDefender gratis, yaitu mendeteksi lokasi handphone. Waduh sayang juga padahal itu fitur-fitur yang cukup berguna juga heheh.. Akhirnya saya menemukan aplikasi lain dengan keunggulan yang sama.

Anti-Theft BitDefender Mobile Security
Anti-Theft BitDefender Mobile Security

Hingga akhirnya saya mencoba¬†TekTrak dari market Android juga. Tapi aplikasi ini murni berfungsi sebagai anti-theft pada handphone, bukan seperti pada antivirus BitDefender yang cuma sebagai fitur. Simple saja kita harus mempunyai akun pada situs tektrak.com dan jika aplikasi sudah ‘tertanam’ di android, kita bisa tracking handphone via web tektrak.com… Sayangnya yang versi gratis cuma untuk 2x penggunaan saja. Maksud 1x penggunaan adalah login ke tektrak.com nya dan menggunakan fitur-fitur aplikasi tersebut dalam satu waktu tertentu. Yah.. jadi gunakan aplikasi seperlunya.. Karena cuma 2x penggunaan berarti penggunaan pertama untuk coba-coba dan pamer, penggunaan keduanya emang benar-benar pada saat “harus dieksekusi” a.k.a (amit-amit: HP kemalingan). Untuk versi yang “berbayar” bisa unlimited use. Jadi.. yah.. if you know what I mean, clue: cr*cked, what will you choose then? Ahihihihih..

TekTrak yang Terinstall di Android
TekTrak yang Terinstall di Android
Fitur-Fitur Aplikasi TekTrak
Fitur-Fitur Aplikasi TekTrak

Berikut penjelasan singkat dari fitur-fitur TekTrak:

  • Remote Locate: mendeteksi lokasi handphone. Bisa di-setting untuk selalu update lokasi atau per-interval waktu. Jika kita kehilangan handphone, dari web tektrak.com kita tinggal klik tombol “Remote Locate” untuk mengetahui posisi handphone sudah dibawa kabur maling sampai mana hahah (amit-amit tapi ya..) hehe..
  • Remote Ring: jika tombol di klik di web, handphone otomatis akan meng-generate ring. Waktu saya coba, bell ring-nya sama dengan call ringtone handphone
  • Location History: melakukan logging lokasi-lokasi yang pernah dilacak sehingga jejak-jejak lokasi handphone terekam
  • Remote Wipe: pilihan untuk menghapus data pribadi pada handphone kita yang malang. Jika kita sudah males untuk mengejar pelaku, jangan lupa langkah terakhir penyelamatan yaitu at least data kita jangan sampai dicuri juga.. Wipe saja data-data di handphone kita! hahaha..
  • Remote SMS: mengirim teks yang akan terkirim ke handphone kita yang hilang. Ini saya bayangkan sih bakal berguna kalau handphone kita hilangnya di tangan orang yang baik-baik. Jadi kalau kita kirim SMS ke handphone dengan ngasih alamat rumah kita, handphone bisa dipulangin sama yang nemuin ahihihih..
  • Geofencing: memberikan batasan virtual berbasis map geografis. Jika pada radius tertentu, handphone kita terdeteksi masuk/keluar dari radius daerah yang kita definisikan, TekTrak akan mengirim informasi/alert secara otomatis ke email
  • Remote Lock/Unlock: ya sudah jelas lah.. lock/unlock screen gitu.. tapi dari jarak jauh hehe
  • Remote Wifi-Enabling: meng-enable modul WiFi pada handphone dari jarak jauh
  • MultiLock: dan yang terakhir ini adalah bagi anda yang dari tadi sudah berpikir “bagaimana kalau pencurinya gak gaptek tapi hi-tech.. dia tinggal uninstall aja aplikasi TekTrak di handphone yang dicuri” nah, multilock akan mencegah siapa saja untuk meng-uninstall aplikasi ini kecuali orang yang berhak (yang terdaftar di TekTrak.com dengan handphone tertentu)

5 thoughts on “Aplikasi Anti Maling (Anti-Theft) Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *