Aplikasi Enkripsi Sederhana

Satu lagi program kecil yang semoga bermanfaat jika saya bagikan disini kepada para pembaca. Ini adalah program yang akan mengenkripsi dan dekripsi teks yang mirip dengan algoritma Caesar Cipher. Bedanya, aplikasi ini akan memetakan setiap byte plainteks menjadi kode nomor ASCII. Kemudian dilakukan pergeseran sebesar n-kali. Dimana ‘n’ tersebut adalah private key anda (tidak boleh ada yang tau). Ya, ini adalah sebuah contoh symmetric algorithm (algoritma simetris) pada kriptografi.

Langsung saja, beginilah tampilan programnya… SANGAT sederhana…

File Encrypter 1

Misalnya anda mengetikkan ‘rahasia’. Yang mana itu merupakan pesan rahasia anda nantinya.

Kemudian klik File->Save dan muncul form yang menanyakan kepada anda kunci untuk mengenkripsi teks ‘rahasia’ tersebut. Saya menggunakan angka ‘3527’ sebagai kunci rahasia saya. Aplikasi ini hanya men-support key-nya dalam bentuk angka (0-9).

File Encrypter 2

Kemudian jadilah file rahasia kita tersebut.

File yang Terenkripsi

Kirim kepada teman tujuan anda. Agar teman tujuan anda mengerti maksud pesan rahasia ini, harus menggunakan aplikasi File Encrypter ini juga, dan dengan key yang sama (dalam hal ini ‘3527’) tentu saja. Selamat mencoba!

Silahkan download File Encrypter disini

Bentuk: ZIP
Terkompresi: ZIP
Nama File: FileEncrypter
Ukuran: 27 KB

4 thoughts on “Aplikasi Enkripsi Sederhana

  1. Saya tertarik dengan tulisan mengenai enkripsi diatas, sangat bermanfaat untuk tugas yang sedang saya dapatkan. saya juga memiliki referensi mengenai enkripsi yang dapat anda kunjungi Disini Terimakasih.

  2. maaf ini kenapa tidak bisa dijalankan yaa aplikasinya,, software tidak mendukung,, itu harus bagaimana.. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *