Belajar Mengatasi Masalah Koneksi Internet Jilid 2

Sudah beberapa hari ini koneksi wifi kosan saya enggak bangets. Koneksi ke beberapa situs populer sebut saja facebook.com, twitter.com tidak bisa diakses dari kosan saya ini. Ada sih beberapa website yang bisa dibuka, seperti: kaskus, detik.com, youtube.com (FYI aja untuk youtube, streamingnya lancar jaya! -darisini dapat disimpulakan sedikit bahwa ini bukan masalah koneksi yang lemot ya!), dan juga situs tibandung.com ini termasuk situs yang bisa dibuka. Ini jelas aneh. Btw kosan saya menggunakan layanan provider First Media. Posting ini adalah posting lanjutan untuk teman-teman yang ingin melakukan pengecekan lebih jauh terhadap koneksi internetnya. Posting sebelumnya bisa dibaca disni.

Berikut ini perbandingan traceroute ICMP packet yang saya kirimkan ke detik.com dan juga ke facebook.com

Traceroute detik.com vs facebook.com
Traceroute detik.com vs facebook.com

Dari gambar di atas terlihat jelas bahwa ini murni masalah pada ISP saya, First Media. Jaringan First Media terputus ke beberapa tujuan (yang salah satunya ke facebook.com). Jadi ini bukan masalah koneksi lokal wifi di kosan saya. Kalau digambarkan seperti ini keadaannya:

Interkoneksi First Media ke Internet
Interkoneksi First Media ke Internet

Gambarnya sangat mspaint sekali ya.. biarin, sengaja.. biar lebih greget.. Garis yang ditengah itu artinya “The Internet”, bukan gambar bendera partai loh ya wahahahaha. Dari gambar di atas ini, sudah jelas masalah saya kan.. saya gak bisa akses facebook.com jika menggunakan ISP First Media (5). Tetapi belum tentu facebook.com yang down karena begitu di check dari tibandung.com ke facebook.com, reachable aja tuh facebook.com (1). Saya coba akses google.com dari kosan juga lancar aja (6). Begitu juga ke detik.com (7). Yes, ini murni masalah di ISP First Media.. Ini bukan salah bunda mengandung eh maksudnya salah jaringan kosan kita.

Lantas bagaimana caranya agar saya bisa ngakses facebook.com dari kosan? Cara sederhananya adalah menggunakan proxy. ADA BANYAAAAAAAAAAAAAAAAK proxy tersedia di internet. Tapi biar postingan blog ini jadi panjang dan keren, saya bikin proxy web sendiri aja ya hahahaha. Dengan proxy, alur transmisi datanya akan berubah. Kita gak akan langsung ke facebook.com (‘kan link nya putus), tetapi kita ke facebook.com via tibandung.com. Kalau digambarkan alurnya akan jadi begini:

Akses facebook.com via tibandung.com
Akses facebook.com via tibandung.com

Dengan script PHP sederhana, saya menanamkan sebuah file php proxy di tibandung.com dengan isi seperti berikut:

<?php
$url = $_GET['url'];
echo (file_get_contents($url));
?>

Sehingga saya tinggal memanggil URL ini dari laptop saya dikosan: http://tibandung.com/proxy.php?url=[alamat_URL_disini]

Daaaaaaannn oopss ternyata ada masalah. Dengan script simple seperti ini, situs-situs HTTPS tidak bisa diakses (seperti facebook.com). Cari cara lain, saya menemukan library HTTP bernama “Requests“. Library Requests ini saya simpan di tibandung.com kemudian dengan sedikit utak-atik jadilah proxy yang lebih keren karena support HTTPS hehehe.. Skrip php proxy-nya sesederhana ini:

<?php
$url = $_GET["url"];
if(!isset($url)){echo "Usage: http://$_SERVER[HTTP_HOST]$_SERVER[REQUEST_URI]?url=http://tibandung.com";}

// First, include Requests
include('requests/library/Requests.php');

// Next, make sure Requests can load internal classes
Requests::register_autoloader();

// Now let's make a request!
$response = Requests::get($url);

// Check what we received
echo ($response->body);
?>

Coba akses facebook.com lagi melalui tibandung.com…. dan hasilnya…. hehehehe…

Proxy tibandung.com ke facebook.com
Proxy tibandung.com ke facebook.com

Sekian tulisan ringan kali ini, semoga bermanfaat…

3 thoughts on “Belajar Mengatasi Masalah Koneksi Internet Jilid 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *