Problem Android Obtaining IP Address Looping pada Ad-hoc WiFi

Kemarin adalah tepat paket data saya di handphone di nonaktifkan provider (langganan bulanan). Tapi malam kemarin itu saya tidak melakukan registrasi.. pengen nyobain hotspotan adhoc dari koneksi modem di share ke handphone ini aja dulu hehe. Seperti ini sih kalau topologinya, sederhana sekali. Lumayan lah buat malem ini aja, registrasi paket data biar tepat awal bulan aja jadinya hehe. Untuk membuat adhoc percobaan ini, saya menggunakan aplikasi sederhana bernama “mhotspot”. Begitu akses point sudah dibuat dan saya mencoba terkoneksi, muncullah masalah saya tidak bisa mendapatkan IP Address.

Android saya melakukan looping: scanning, connecting, dan obtaining IP Address, kembali lagi scanning, connecting.. begitu seterusnya. Beberapa lama kemudian, Android saya hanya mendapatkanĀ APIPA (Automatic Private IP Addressing) Windows: 169.254.X.X. Kemudian saya mencari tau penyebabnya. Ada beberapa orang menyampaikan ide “solusi” workaround dengan cara mengkonfigurasi static IP Address di WiFi android. Ya tentu saja itu sih bisa heheĀ tapi akar permasalahannya masih membuat penasaran.

Akhirnya saya mendapatkan solusi setelah nyasar di dunia maya. Ada seorang developer yang mengalami hal persis dengan saya dan sudah melakukan inspeksi serius terhadap masalah ini. Ketika diinspeksi log dhcpcd bawaan android, dia menemukan ada masalah pada permission mengeksekusi sebuah program dhcp client. Dengan mengubah permission file ini executable (user, group, everyone), permasalahan dia -yang sama dengan saya ini- bisa diatasi. Dia mengatakan ternyata sudah banyak user yang mengalami hal ini dan solusinya adalah melakukan flash ulang ROM nya. Walah.. Untung saya ga sampai pengen nge-flash ROM hahaha.

File yang harus diubah permissionnya adalah file yang bernama “dhcpcd-run-hooks” yang terletak di “/system/etc/dhcpcd/dhcpcd-run-hooks“. Pada contoh kali ini saya mengubah permission filenya melalui adb yang sudah terinstall di komputer saya:

Setting File Permission Melalui ADB
Setting File Permission Melalui ADB

Saya lupa jelaskan di atas, file tersebut terletak di partisi /system yang read-only, jadi jangan lupa pastikan /system di mount mode read-write (rw) terlebih dahulu baru kemudian permission file ‘dhcpcd-run-hooks’ diubah. Terakhir, jangan lupa dikembalikan mount partisi /system ke mode read-only (ro) file system. Selamat mencoba!

One thought on “Problem Android Obtaining IP Address Looping pada Ad-hoc WiFi

  1. misi gan…”Setting File Permission Melalui ADB” ni mksudnya gmn ya…??
    masih Obtaining IP Address…saya pake software connectifity ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *