Recovery Account Email, Mengembalikan Akun Email Kita yang di Curi

Tadi pagi waktu buka Gmail, footer webmail besutan Google itu agak aneh di browser saya. Ada tulisan “This account is open in 1 other location at this IP (112.x.x.x)” hyaaaa tentu saya jadi panik siapa kah itu. Tapi disini bukan mau ceritain tentang proses incident handling nya. Tapi saya jadi kepikiran pengen nulis buat para pembaca sebagai pengingat saja. Kemungkinan terburuk bagi orang yang login ke email saya tersebut adalah mengubah password saya dan pada akhirnya saya ga bisa buka email lagi. Nah, bagaimana cara kita untuk mengambil alih kembali account email kita yang dicuri orang tersebut?

Ada beberapa cara umum yang diberikan oleh penyedia email. Bisa jadi istilahnya beda-beda, tapi maksudnya sama. Semoga bisa membantu ya:

  1. Menggunakan secret question (pertanyaan rahasia) anda. Nanti akan keluar pertanyaan rahasia yang pernah anda buat. (Misalnya: Siapakah kucing peliharaan pertama anda? Jawaban: Kupluk). Jika jawabannya benar, maka anda diberi otoritas untuk kembali mengubah password account email anda yang dicuri orang itu. Tipsnya: HARUS BEDA sama yang dulu! Biar ga di bajak lagi haha. Intinya, jangan sampai anda lupa jawaban pertanyaan rahasia anda hehe. Kalo lupa, mumpung sekarang lagi ga di bajak akun emailnya, silakan buat pertanyaan rahasia anda plus jawaban rahasianya di Account Settings email anda.
  2. Menggunakan notifikasi ke alamat email alternatif. Jika anda memiliki alamat email cadangan, bisa menggunakan fitur ini. Nanti anda akan dikirimkan notifikasi ke alamat email cadangan anda itu. Tipsnya: password email anda seharusnya beda untuk tiap account. Kalo sama, yahh.. si pencuri account anda bisa saja sudah membobol email alternatif anda juga… Yahh.. ga ampuh dong cara ini..
  3. Menggunakan notifikasi ke handphone. Nah, menurut saya pribadi, cara ini yang paling aman. Nanti provider mail anda akan mengirimkan notifikasi via SMS ke handphone anda. Jika kode notifikasi yang diminta cocok, maka anda bisa melakukan reset password lagi.
  4. Cara terakhir adalah cara spesial… Lebih ke masalah social.. Yaitu: kontaklah help desknya hehe. Berikan keterangan-keterangan dan segala macam hal yang bisa membuktikan bahwa akun email tersebut adalah benar-benar milik anda, sehingga anda bisa mendapatkan akun email itu kembali hehehe.

Bagi para pembaca yang belum (tapi jangan sampai ya) di curi akun emailnya, lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Nah, silakan isi informasi anda pada provider emailnya. Isi dengan data yang benar. Syukur kalo 4 cara di atas sudah di support oleh provider email anda juga. (Setau saya adalah gmail dan yahoo).

200 thoughts on “Recovery Account Email, Mengembalikan Akun Email Kita yang di Curi

  1. Account gmail saya yang sya pakai untuk coc ada yg hack dan email pemulihan + no hp yg sya gunakan dlu di ganti bgaimana caranya agar sya bisa dapatkan gmail sya itu bro,,,

    Mohon bantuannya, thks

  2. Akun aku di bajak dan di hapus nomer hp yg saya cantumkan buat pmulian cara mgembalikan gmana tolong

  3. Akun coc saya di hack orang dan sandinya juga di ubah orang tolong berikan tips dan cara mengetahui akun yg telah di ubah orang
    Saya sudah 1 tahun mainkan coc itu jadi tolong di bantu yaa facebook ihsan faridi

  4. Untuk saudara dani dan afif hubungi nmor sy 082393562531 sy bsa bantu anda mendptkan gmail anda kembali

  5. bagaimana cara nya mengambil kembali id bbm kita,dan bisamengambil smua kontak bbm kita ?

  6. yang mau akun email nya di Hack back. Invite saya 5ED06FA1
    saya selalu siap melayani Hack Back Email kapan saja ?

  7. Invite pin bb ane inya allah ane bisa bantu…
    Pin:5BCD33B7
    UDA PENGALAMAN NGEMBALIIN AKUN ORANG

  8. bang saya mengalami kesusahan gara gara ceat coc ,,, kode novikasi no ea d ganti sama si pencuri .. saya minta tolong gan buat bawa kembali akun saya .. saya butuh bantuan abang … saya mohon bang

  9. yang akunnya lupa sandi atau di hack, saya bisa bantu. bukti akun kembali banyak
    invite 59A853EA

  10. Tolong bantu saya akun gmail saya di hack orng paswood x dah d’ganti orng pliss ini no saya081521507760

  11. oleh gmail.

    Jika memang sebelumnya kita sudah mengisi email cadangan ataupun nomer telepon. Mungkin dengan kita mengisi formulir pemulihan sandi pihak google bisa membantu kurang dari 3-5 hari.
    Karna saat ini akun gmail saya juga mengalami hal yang sama. Bahwa pelaku telah mengganti verifikasi 2 langkah yang sebelumnya saya buat.

  12. Gan gimana cara mengambil email yg di bajak orang dan nomer hp saya diganti dan sandi nya juga di ganti sama perinya. Tolong beri solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *