Sertifikasi Profesional CompTIA Security+

Security+ adalah salah satu sertifikasi yang dibuat oleh CompTIA. CompTIA sendiri adalah asosiasi nirlaba bidang teknologi informasi global. Sertifikasi di CompTIA sebenarnya ada banyak. Contohnya ada CompTIA A+, CompTIA Server+, CompTIA Linux+, CompTIA Project+, CompTIA Network+, dan yang akan kita bicarakan ini.. CompTIA Security+. Kalau CompTIA Security+, kita akan di-suguhkan soal tentang pengetahuan seputar keamanan sistem, threats, policy, incident handling, dll (IT Security). Jumlah soalnya ada 100 pertanyaan dan waktu pengerjaannya 90 menit. Batas score lulus adalah 750 (skala 100-900).

Nah, kalau kita lulus ntar dikasih sertifikat dan logo ‘certified’ yang bisa buat narsis =P. Sertifikasi ala CompTIA diakui beberapa perusahaan besar dunia. Oh iya, sertifikasi CompTIA adalah vendor-neutral alias tidak ada bahas merk disini (ex: Cisco, Microsoft, Juniper, IBM, etc). Semuanya isu sekuriti global.. keren untuk “nilai jual” sertifikasinya.. Karena orang yang certified-nya bisa mencok sana mencok sini hihi. Ini quot dari websitenya (untuk CompTIA Security+)

CompTIA Security+ is an international, vendor-neutral certification that proves competency in system security, network infrastructure, access control and organizational security. Major organizations that employ CompTIA Security+ certified staff include Booz Allen Hamilton, Hewlett-Packard, IBM, Motorola, Symantec, Telstra, Hitachi, Ricoh, Lockheed Martin, Unisys, Hilton Hotels Corp., General Mills, the U.S. Navy, Army, Air Force and Marines.

CompTIA Security+ Certified

Cara ikut testnya tinggal daftar ke prometric untuk booking tanggal dan tempat test. Hasil judgement lulus ato enggaknya langsung diumumkan hari itu juga. Hari ujian anda = hari anda dinyatakan certified (kalau lulus).

Berita terakhir yang saya dengar adalah kode ujian CompTIA Security+ sekarang masih SY0-201 sampai 31 Mei 2011. Setelah itu CompTIA mengeluarkan jenis soal baru untuk CompTIA Security+, yaitu SY0-301. Bedanya ada pada persen-persenan konten yang diujikan, ada konten yang dibuang, dan ada konten yang ditambahkan. Terakhir.. good luck yang pengen mengambil CompTIA Security+ ya.. hehe.. coba belajar dari study guidenya biar cepet tamat bahasannya. Karena gede, tidak saya ikutkan di arsip di bawah ini. Googling ajah banyak kok. Oh iya, sekedar info, contoh soal yang saya ikutkan di arsip itu jumlahnya ada 402 soal contoh. Tapi hanya 1 soal yang keluar waktu saya ujian!! Good luck aja ya hahahah…

Silahkan download silabus dan contoh soal disini

Bentuk: ZIP
Terkompresi: ZIP
Nama File: CompTIA Security+.zip
Ukuran: 338.8 KB

3 thoughts on “Sertifikasi Profesional CompTIA Security+

  1. thank atas berbagi informasi yang sangat berharga ini. .. mudah-mudahan bisa lulus ini ujian sekalian mau ambil sertifikasi CEH.. kk punya info mengenai CEH nggak kk??? thank before..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *