Cara Mudah Upgrade Android

Baru saja habis mengupgrade handphone Samsung Galaxy Ace punya temen dengan cara yang sangat mudah bahkan tanpa menggunakan Samsung KIES. Saya tulis disini sebagai catatan kecil saja dan sebagai informasi kepada pembaca sekalian yang mungkin tidak/belum sadar ternyata ada fitur tersebut di handphone kita (juga buat nambah-nambah posting di blog heheh)… Syarat agar pembaca sekalian bisa “nyambung” dengan blog ini adalah: tentu saja memiliki handphone Samsung dengan U.I. Touchwiz-nya, menggunakan Stock ROM Gingerbread  (ROM Gingerbread bawaan Samsung -kalau masih Froyo abaikan posting ini, silahkan ke sini dulu untuk upgrade ke Gingerbread-), serta satu syarat lagi… memiliki alamat email. Untuk yang menggunakan Custom ROM, diluar posting blog ini. Tapi tidak menutup kemungkinan fitur upgrade ke versi terbaru yang mirip dengan ini tersedia juga di Custom ROM-nya.. silahkan ulik-ulik sendiri hehe.

Selama ini saya penasaran sama menu baru “Software Update” yang terdapat di firmware Samsung semenjak di upgrade ke Gingerbread (waktu handphone saya masih menggunakan Android Froyo 2.2.x, menu “Software Update” ini belum ada). Nah, kebetulan pada waktu awal tahun 2012 ada “kado” dari Samsung untuk pelanggannya yaitu minor firmware upgrade ke versi 2.3.6 (sebelumnya 2.3.4). Pas momennya nih.. saya rasa ini saat yang tepat untuk nge-klik panel itu. Karena selama ini kalau panelnya di klik, pesannya selalu “No Update Found” hahaha..

Menu "Software Update"
Menu “Software Update”

Untuk menampilkan menu yang ada panel “Software Update”-nya ini, ada di Setting -> About Phone. Kemudian klik panel “Software Update” sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini. Ada menu “Update” untuk melakukan update, “WiFi Only” untuk melakukan download firmware ketika menggunakan WiFi saja (bisa diaktifkan bila setuju dan tidak bila tidak setuju), serta Samsung account. Nah.. Samsung account ini harus diisi terlebih dahulu baru kita bisa melakukan upgrade “on the fly”. Silahkan pilih Samsung account dan lakukan proses registrasi yang salah satu mandatory nya adalah memasukkan alamat email.

Tampilan Software Update
Tampilan Software Update

Jika sudah berhasil melakukan registrasi dan logged-in, akan tampak informasi user yang telah logged-in. Sampai tahap ini, mestinya upgrade on the fly sudah bisa dilakukan. Selamat mengupgrade firmware anda ke versi 2.3.6. Rajin-rajin nge-cek pencet panel “Update” yee… sapa tau ada upgrade firmware ke Ice Cream Sandwich untuk Galaxy Ace hahaha.. Doakan saja hihih..

Samsung Account Information
Samsung Account Information

96 thoughts on “Cara Mudah Upgrade Android

  1. Tq atas info ini. Gua jg baru nyadar klo panel tsb ada & bisa buat upgrade. Selama ini tu panel ngangggur aja, padahal gua uda pake GS ii yg androidnya 2.3.3. Sekali lg tq

  2. udh ane tken “update” tulisanny no update found, en versiny masih 2.3.4 piye?? itu buat ACE bisa kan??

  3. kok punya ku g ada update softwarenya punya ku tablet TREQ A 10 G,,,, tolong bantuannya…

  4. @andhilyoonyulsic

    Untuk ngebuat Androidnya lebih baik & baru lah!
    Orang gaptek kayak saya ngerti masa, anda tidak ngerti sih?

  5. Thanks Gan ini beguna n ber jalan lancar
    apa filenya saya n nomor telepon gak hilang kalo mengupdate?
    thanks…

  6. saya sudah coba dengan upgrade android cara ini, aplikasi & data-data di hp gak hilang kok. kira-kira itu yang bisa saya tambahkan ya.. selamat upgrade 🙂

  7. Alhamdulillah, saya jadi tahu ternyata panel yang disediakan itu berguna pula untuk updating software, Ya… makasih deh, info dan tipsnya sangat bermanfaat bagi saya. Sesudah saya coba, ternyata bila software kita sudah pakai versi terbaru, maka akan ada warning “No update found”, maksudnya itu berarti kita punya sudah versi baru. Okay.. Salam sahabat.

  8. kok msh g bsa gan pnyaq galaxy mini 2.3.4 tk update softwarenya…msh dblsi tdak ad software bru

  9. apakah setelah di upgrage android kita jadi kembali ke pengaturan pabrik atau tetap seperti setelah kita root,?

  10. @doel: berarti kemungkinan untuk galmin firmware official terupdate memang versi 2.3.4 mas.. maaf sy kurang tau untuk galaxy mini 😀 kalo galaxy ace saya sih terakhir versi 2.3.6..

    @andik: iya mas.. setelah di upgrade, partisi /system benar-benar diganti dengan file baru, tapi tidak dengan partisi /data nya. Sehingga aplikasi tidak hilang, tetapi root nya yang hilang jadi harus di root lagi deh.. kira2 begitu..

  11. saya rasa mestinya bisa untuk semua versi android yang ada menu “software update”-nya.. tidak menutup kemungkinan juga diluar merk samsung ya.. asal menu tsb ada. sehingga bisa support upgrade on the fly ini..

  12. kk kok gk bsa buat nexian aku, nexian android a712 kk…
    trus ada baca’an your system is currently up to date…
    gmn kk bsa gk di upgarde froyo aku…

  13. untuk Galaxy Mini Yg G Bisa Upgrade ke 2.3.6 Pke Software Update , Mending Pake’ Cara Manual ,

    Om Ada Yg Punya tema Ice Cream Sandwich Yg Stabil Buat Gingerbread 2.3.6 ?

  14. Kok punyaku gag bisa ya gan..
    Udah android 236 cih…mau ke yg lebih tinggi lg..tp selalu pesan yg muncul…tidak ada upgrade yg trsedia brow

  15. samsung young dous ane kemaren dah ane root, trus aku coba ganti font, dan bisa..
    trus niat ane mau ganti font lg, tp malah aplikasi eror…tp font bisa aku kembalikan k semula..
    ane mau nyoba upgrade ke v 236, siapa jadi bisa di ganti lg sob..
    oke lah sob, thenx bnget ya info nya…

    oya kalo upgrade nya tanpa wifi, mana yang di pilih???
    apa klik update aja???
    salam kenal sob,,,

  16. mau nanya nih, saya pake Galaxy Ace. pas mau di update kaya cara diatas, kok ada warning “no update found” padahal versinya masih 2.3.4. tolong pencerahannya ya

  17. halo, kalau setelah di cek update masih 2.3.6 berarti memang tidak ada update terbaru untuk androidnya (itu sudah versi terakhir). saya rasa cukup jelas. terima kasih 🙂

  18. gan thanks infonya.

    ane udah berhasil update buat samsung tab 2 nya, tp pas diawal mau sign in samsung account itu ga bisa, trus ane coba sign up juga tetep ga bisa, ya udah ane skip aja gan, tp pas liat samsung nya ternyata proses upgrade udah beres dan kernel version berubah jadi yang paling anyar, jadi sebenernya itu samsung account berpengaruh ga buat proses update? soalnya td ane skip aja, atau gmn cara nya buat balik ke menu tsb? biar ane coba lagi sign in.

    thanks.

  19. permisi gan aku mau tanya …
    aku kan pernah salah pencet di aplikasi “pembaruan perangkat lunak ” aku pencet kata “nanti” …. setelah itu simbol perbaruanya hilang .
    yg aku mo tanya klo hilang tanda berarti aplikasi d hp q ngak di perbarui lg , and ada pengaruhnya ngak sm aplikasi yg ada d hp aku …. itu sj yg aku mau tanya ., tolong d jawab ya gan . makasih

  20. halo, jika ada pembaruan perangkat lunak itu hanya penambahan fitur dll dari perangkat lunaknya. sama sekali tidak berpengaruh ke aplikasi yang sdh diinstall. pembaruan/update itu bersifat “pilihan” tapi “sangat disarankan”. kira-kira begitu. trims.

  21. @chanda, knapa mesti di root ace duos nya klo cuma mo ganti font, ada cara yg gampang buat ganti font ko, gw juga pake galaxy ace duos soalnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.