Cerita Di Balik Aplikasi angkot.tiBandung.com

Aplikasi yang tidak disangka-sangka bakal mendapat antusiasme warga Kota Bandung ini sebenarnya dibuat oleh tim tiBandung dalam rangka iseng-iseng belaka. Tim tiBandung sama sekali tidak berpikir bahwa ini adalah aplikasi yang inovatif dan manfaatnya dirasakan luas.

Awalnya saya tidak berpikir untuk membuat pencari rute angkot se-Kota Bandung. Pasti itu rumit sekali kata saya waktu itu. Tetapi saya mulai dengan membuat prototype point-point dari daerah A ke daerah B. Kira-kira hanya ada beberapa daerah saja dan bisa dihitung dengan jari. Berkat bantuan semua orang yang memberikan informasi jalur angkot di daerah masing-masing dan mencari informasi di web, akhirnya dibuatlah aplikasi yang mencakup daerah se-Kota Bandung. Launching sebenarnya telah dilakukan beberapa minggu lalu. Tetapi sepertinya tidak begitu menarik perhatian.

Setelah itu kami melakukan pengembangan sedikit-demi sedikit ke daerah yang direkomendasikan oleh teman-teman. Semuanya dilakukan dengan sukarela (tidak ada uang dari Walikota, Dept. Perhubungan kota Bandung, Juragan Angkot dkk disini haha). Kita tidak menganggap in sebagai hal yang serius dan membutuhkan perhatian lebih ke projek ini.

Suatu ketika saya mulai mempublikasikannya ke twitter dan situs jejaring sosial. Ternyata respon dari masyarakat Kota Bandung begitu antusias. Harapan terhadap pengembangan aplikasi ini juga begitu besar. Sehingga saya dan tiBandung mulai berpikir untuk mulai serius menggarap proyek kemanusiaan ini hehe. O iya, untuk melihat komentar-komentar para pengguna aplikasi ini bisa ke Halaman Survey angkot.tiBandung.com. Kalo bisa silakan coba juga aplikasinya dan langsung setelah itu isi surveynya 🙂

Untuk jumlah pengunjung sendiri, selama 2 hari, pengunjung halaman angkot.tibandung.com juga terbilang lumayan besar. Ada 1000 lebih pengunjung dalam waktu 2 hari saja. Tapi perlu diketahui, 1000 lebih pengunjung ini hanya merujuk dari hasil klik link http://goo.gl/QtTD. Kalau secara keseluruhan mungkin pengunjung aplikasi ini bisa 2-3 kali lebih banyak! Semoga aplikasi ini benar-benar bisa dikembangkan dan yang terpenting adalah bermanfaat bagi orang banyak. Selamat ulang tahun Kota Bandung!

Analisis Pengunjung ke Halaman Web angkot.tibandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *