GAE – Cloud Computing From Google

Saat posting ini saya teringat saat-saat perkuliahan pemrograman internet dengan dosen Yudi Wibisono :)..tak menyangka pula skripsi saya akhirnya berhubungan dengan teknologi ini. dibawah ini sedikit saya ceritakan pengalaman menggunakan salah satu layanan Cloud Computing tersebut tak lain dan tak bukan Google App Engine..cekidot 😀
“Sekarang mah zamannya cloud computing, setelah dulu ada AWS (Amazon Web Server) kini hadir GAE (Google App Engine) dan katanya Microsoft jg ngeluarin layanan cloud computing ini (tp ga tau apa nama layanan nya,,hehe..piss)”

Google App Engine merupakan salah satu layanan yang disediakan Google untuk para pengembang web application (aplikasi web). Dengan kata lain, Google App Engine merupakan aplikasi layanan web hosting. Aplikasi web yang dimaksud adalah aplikasi atau layanan yang diakses melalui web. Pengaksesan aplikasi ini dapat menggunakan web browser (perambah web) untuk mencari layanan yang tersedia seperti shopping carts, situs jejaring sosial, multiplayer game, aplikasi mobile, survei aplikasi dan juga manajemen proyek.

google app engine
google app engine

Gambar Logo Google App Engine
Dengan Google App Engine, para pengembang web aplikasi dapat menjalankan project-nya dengan infrastruktur Google. App Engine memberikan kemudahan dalam build (membangun), maintenance (pemeliharaan), traffick web dan juga storing data (penyimpanan data). Dengan App Engine, kita sebagai developer tidak perlu khawatir akan maintenance server. Kita hanya tinggal meng-upload aplikasi dan siap untuk digunakan oleh user (pengguna) secara online. App Enginge dapat digambarkan sebagai 3 (tiga) bagian yaitu runtime environment (lingkungan pengembangan), datastore (penyimpanan), dan scalable services (layanan yang terukur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *