Setup yiic pada WAMP (XP/Vista/7)

Postingan ini diawali dari keingin tahuan saya tentang framework yii..udah pada tau blm?? sama saya jg baru tau kemaren

setelah chatting sama salah satu ketua suhu programming,, hehe 😀 ..oke kita lanjut saja, bagi yang belum pernah denger yii framework sebenarnya wajar aja karena framework yang satu ini emang kalah populer dibanding CI, Zend ataupun framework php yang lainnya..untuk tau lebih mendalam silakan kunjungi http://www.yiiframework.com 🙂 dan kenapa saya pake wamp? karena emang dulu nginstall nya wamp, sebenernya sama aja sih mau pake xampp jg..heehe, yang penting kita simpen file nya di webroots nya..jgn lupa,, XD

pada postingan ini diasumsikan bahwa komputer kita telah terinstall wamp..
langkahnya yaitu :
1. download yii framework disini atau masuk ke URL
http://www.yiiframework.com dan silakan download disitu
2. deploy ke webroots localnya (copy file hasil download ke C:\wamp\www)
3. masuk windows explore lalu klik kanan pada my computer -> pilih tab advanced -> environment variable -> klik PATH di system variables -> edit
kl di windows7, tinggal tekan logo windows lalu ketikkan “env” dan pilih environment variables
pilih pada variable PATH lalu tekan edit (ingat jgn di-delete source path yang udah ada, kita tinggal menambahkan variable saja) untuk menambahkan variabel baru maka kita gunakan delimeter semicolon (;) lalu tambah “C:\wamp\bin\php\php5.2.6”
ini capture nya:
settings environment variable
4. setelah itu kita buka cmd dan masuk ke directory framework yii nya. C:\wamp\www\yii\framework (seperti gambar di bawah)
generate yii framework
yii akan men-generate web app sesuai nama folder (disini saya menggunakan nama folder “mywebsite”)
5. selesai proses generate tersebut maka kita panggil di browser kesayangan kita 😀 ketikkan “localhost/mywebsite” maka akan tampil halama seperti di bawah ini dan itu artinya framework yii telah berhasil di ditanamkan pada komputer lokal kita..
halaman yii framework
dan setelah itu saatnya kita developing 🙂 selamat berkreasi!

One thought on “Setup yiic pada WAMP (XP/Vista/7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *